Pengertian Komputer

Posted in All Artikel on 12/12/2010 by teguh waluyo

Definisi Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
menerima input
memproses input tadi sesuai dengan programnya
menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
menyediakan output dalam bentuk informasi
Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah.
Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
Penggolongan Komputer Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya. Berdasarkan Data Yang Diolah
Komputer Analog
Komputer Digital
Komputer Hybrid
Berdasarkan Penggunannya
Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
Komputer Mikro (Micro Computer)
Komputer Mini (Mini Computer)
Komputer Kecil (Small Computer)
Komputer Menengah (Medium Computer)
Komputer Besar (Large Computer)
Komputer Super (Super Computer)
Berdasarkan Generasinya
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
Komputer Generasi Kelima

Belajar Membuat Jaringan Komputer Sederhana

Posted in All Artikel on 14/12/2010 by teguh waluyo

Belajar Membuat Jaringan Komputer Sederhana

Kita tidak akan mulai dengan membahas mengenai teori jaringan yang rumit dan memusingkan. Tapi pendekatan yang Prothelord lakukan adalah memberikan contoh praktek yang mudah dan kemudian menjelaskan setiap tahap dengan gamblang dan sepraktis mungkin. Dengan cara ini, kamu akan punya bayangan mulai dari hardware, cara set up jaringan komputer dan baru mempelajari teori jaringan komputer yang mendukungnya.

Prothelord sangat menyarankan agar kamu langsung praktek. Biar semua clear dan dipahami dengan mudah karena “kebayang”.

Kalau biasanya, kita harus belajar dari teori dulu dan disuruh membayangkan berbagai perangkat yang belum pernah kita lihat. Hal ini jelas akan mempersulit otak kita untuk mengasosiasikan teorinya dengan kenyataan. Dah pada taukan, kalu otak kita itu senang menghubungk-hubungkan secara visual dibandingkan dijelasin secara teks. Yukkksss. Kalu belum baca tuh ada buku bagus tentang mind mapping.

Kita mulai yah tutorial jaringan komputernya.

Tahap I: Persiapan Hardware

Untuk membuat sebuah jaringan komputer tentu saja diperlukan beberapa hardware khusus. Sebenarnya jaringan komputer tuh banyak sekali variasinya. Namun demikian, untuk memudahkan pemahaman kamu, kita akan berangkat dari yang paling sederhana dan tentu saja murah, biar kamu bisa beli alat-alatnya.

Jaringan komputer yang akan kita buat adalah jaringan komputer LAN fisik (LAN adalah kependekan dari Local Area Network, red). Maksudnya yang pake kabel-kabel gitu. Kan ada juga yang pake wireless, cuman rada sulit ngejelasinnya dan lebih mahal perangkatnya.

Nah peralatan yang harus kamu siapin adalah:

1. Komputer minimal sebanyak 2 buah (ya iyalah, masa cuman 1, namanya juga jaringan komputer. Pasti komputernya banyak). Sebenarnya kita bisa bikin jaringan dengan satu komputer saja tapi nanti akan membingungkan buat pemula. So, gimanapun caranya, entah beli, minjem punya kaka, minjem temen, ngambil komputer kantor, sekolah apapun caranya cari 2 komputer. Ok?. Kalu susah, kamu mungkin bisa sewa. Soalnya sekarang dah banyak penyewaan komputer tuh saya lihat.Sebenarnya saya lebih seneng ngejelasin pake Linux, tapi karena umumnya Prothelonians masih pake Windows, ya udah deh, dalam tutorial ini kita akan menggunakan XP sebagai Osnya.

2. kartu Jaringan (Network Card) minimal sebanyak 2 buah, sama dengan jumlah komputer yang rencananya akan kamu sambungin. Nah ini alat ini biasanya bisa kamu tencepin di dalem komputer kamu dan ada sebuah lubang untuk memasukkan kabel LAN di belakangnya. Lubang itu disebut dengan RJ-45. Inget-inget yah RJ-45. Itu nama interface untuk kabel LAN yang lazim juga disebut kabel Ethernet. Kamu bisa beli Network card ini dengan harga murah, di bawah 100 rban deh. Setelah dibeli, colokin ke dalam komputer kamu dan install drivernya.

3. Kabel LAN atau kabel ethernet. Nah yang ini bisa kamu beli di toko-toko komputer dah lengkap sama RJ-45nya. Untuk sederhananya, kamu bisa bayangkan RJ-45 ini sebagai jack listrik. Jack listrik itu bisa kamu pasang kabel listrik, asosiasinya RJ-45 bisa dipasangin kabel LAN. Kamu sebenarnya bisa bikin sendiri nih kabel, cuman buat bikinnya kamu harus belu RJ-45 terpisah, kabel dan yang paling repot adalah beli cramping tool. So, Prothelord ndak rekomendasikan bikin sendiri untuk saat ini. Cramping tool ini adalah alat untuk memasukkan kabel LAN ke RJ-45. Yang penting saat belinya adalah ada 2 macam kabel LAN yaitu jenis yang straight dan cross. Dalam tutorial Jaringan Komputer ini kita akan menggunakan kabel LAN tipe Straight. Kabel LAN tipe Cross biasanya kamu pake untuk menghubungkan 2 komputer secara langsung tanpa hub. Hub? Apaan tuh? Tenang, lihat hardware berikutnya yang harus kamu siapin untuk membuat jaringan komputer kecil ini. Kalau harga kabel ini murah deh, paling 10-15 rb doang, tergantung panjangnya.

4. Hub. Hub bentuknya kotak kecil gitu. Ukurannya tergantung dengan jumlah port RJ-45 yang disediakan. Kamu bisa beli yang memiliki 4 port dengan harga di bawah 100 rb. Semua komputer kamu akan saling terhubung melalui hub ini.

Nah kamu dah tahu hardware apa saja yang diperlukan buat bikin jaringan komputer sederhana. Gih, beli dan siapin dulu alat-alatnya, baru balik lagi ke tempat belajar jaringan komputer

Semua hardware sudah siap? Nah, mari kita lanjutkan dengan menyambungkan semua hardware tersebut.

Pada dasarnya jaringan komputer itu hanya merupakan hubungan fisik menggunakan kabel LAN. Jika kita hanya berniat menghubungkan 2 komputer saja dalam satu jaringan, maka sebenarnya kita hanya memerlukan 2 buah komputer dan sebuah kabel LAN bertipe cross.

Untuk membuat sebuah jaringan komputer dengan 2 buah komputer saja, maka penyambungan fisik hardware yang harus dilakukan hanyalah menghubungkan 2 komputer tersebut melalui kabel LAN Cross. Kamu hanya perlu memasukkan RJ-45 dari kabel LAN kamu ke slot yang ada di kartu jaringan masing-masing komputer.

Namun demikian, jika kamu berniat untuk menghubungkan lebih dari 2 komputer, maka kamu akan memerlukan sebuah alat khusus yang namanya hub. Di dalam hub ini sebenarnya hanya ada koneksi fisik antara kabel saja. Namun untuk hub-hub tipe baru yang lebih dikenal dengan switch, tentu saja ada komponen tambahan didalamnya.

Fungsi hub ini adalah sebagai cross connect yang menghubungkan antara kabel-kabel LAN yang masuk ke dalam slot RJ-45. Sehingga apabila hub kamu memiliki 4 slot, maka sebenarnya di dalam hub itu semua kabel itu terhubung secara fisik satu sama lain.

Yang perlu kamu perhatikan di hub ini, kadang kamu akan melihat sebuah slot atau port khusus yang bertuliskan “UPLINK”. Nah fungsi port khusus ini adalah untuk menyambungkan beberapa hub secara cascading.

Contoh penggunaannya adalah, jika kamu memiliki 2 hub yang masing-masing memiliki 4 port, maka kamu bisa membuat jaringan dengan 6 komputer. 2 port sisanya adalah port UPLINK yang dihubungkan ke salah satu port di hub yang lainnya.

Dengan kata lain, port UPLINK ini adalah sebagai penghubung antar hub. Gitu…

Ok, kesimpulannya, secara fisik kamu hanya perlu menghubungkan masing-masing komputer dengan sebuah port pada hub. 2 komputer tersebut akan terhubung satu sama lain melalui hub tersebut.

Pada tutorial ini, saya mengasumsikan bahwa kamu udah berhasil menginstal driver kartu jaringan kamu dan sudah berfungsi dengan baik

Apabila koneksi antara hub dengan komputer sudah terjadi dengan baik, maka kamu bisa melihat LED di port RJ-45 menyala, demikian pula LED pada port HUB yang dicolokin kabel LAN tadi akan menyala.

Ok, tutorial penyambungan fisik jaringan komputer sederhana cukup di sini. Selanjutnya kamu akan belajar mengenai setting TCP/IP di masing-masing PC.

Semua hardware sudah siap? Nah, mari kita lanjutkan dengan menyambungkan semua hardware tersebut.

Pada dasarnya jaringan komputer itu hanya merupakan hubungan fisik menggunakan kabel LAN. Jika kita hanya berniat menghubungkan 2 komputer saja dalam satu jaringan, maka sebenarnya kita hanya memerlukan 2 buah komputer dan sebuah kabel LAN bertipe cross.

Untuk membuat sebuah jaringan komputer dengan 2 buah komputer saja, maka penyambungan fisik hardware yang harus dilakukan hanyalah menghubungkan 2 komputer tersebut melalui kabel LAN Cross. Kamu hanya perlu memasukkan RJ-45 dari kabel LAN kamu ke slot yang ada di kartu jaringan masing-masing komputer.

Namun demikian, jika kamu berniat untuk menghubungkan lebih dari 2 komputer, maka kamu akan memerlukan sebuah alat khusus yang namanya hub. Di dalam hub ini sebenarnya hanya ada koneksi fisik antara kabel saja. Namun untuk hub-hub tipe baru yang lebih dikenal dengan switch, tentu saja ada komponen tambahan didalamnya.

Fungsi hub ini adalah sebagai cross connect yang menghubungkan antara kabel-kabel LAN yang masuk ke dalam slot RJ-45. Sehingga apabila hub kamu memiliki 4 slot, maka sebenarnya di dalam hub itu semua kabel itu terhubung secara fisik satu sama lain.

Yang perlu kamu perhatikan di hub ini, kadang kamu akan melihat sebuah slot atau port khusus yang bertuliskan “UPLINK”. Nah fungsi port khusus ini adalah untuk menyambungkan beberapa hub secara cascading.

Contoh penggunaannya adalah, jika kamu memiliki 2 hub yang masing-masing memiliki 4 port, maka kamu bisa membuat jaringan dengan 6 komputer. 2 port sisanya adalah port UPLINK yang dihubungkan ke salah satu port di hub yang lainnya.

Dengan kata lain, port UPLINK ini adalah sebagai penghubung antar hub. Gitu…

Ok, kesimpulannya, secara fisik kamu hanya perlu menghubungkan masing-masing komputer dengan sebuah port pada hub. 2 komputer tersebut akan terhubung satu sama lain melalui hub tersebut.

Pada tutorial ini, saya mengasumsikan bahwa kamu udah berhasil menginstal driver kartu jaringan kamu dan sudah berfungsi dengan baik

Apabila koneksi antara hub dengan komputer sudah terjadi dengan baik, maka kamu bisa melihat LED di port RJ-45 menyala, demikian pula LED pada port HUB yang dicolokin kabel LAN tadi akan menyala.

Ok, tutorial penyambungan fisik jaringan komputer sederhana cukup di sini. Selanjutnya kamu akan belajar mengenai setting TCP/IP di masing-masing PC.

Turitorial Instalasi Windows 98 atau ME

Posted in All Artikel on 14/12/2010 by teguh waluyo

Turitorial Instalasi Windows 98 atau ME

Hari ini saya mau nulis tentang cara install windows 98 dan ME walaupun sudah lama dan mungkin sudah tidak banyak yang mempergunakan supaya ilmunya tidak hilang harus tetap disimpan kali ya dalam bentuk tulisan biar kaga punah ilmunya. Maklum lah jaman dulu juga ilmu kungfu kalo mau diajarin harus nyari murid tapi karena umur gurunya udah tua tiap murid hanya bisa menyerap ilmunya 80% saja makin lama ya abis paling kalo sekarang ilmunya sisa berapa persen aja hehe. Kok jadi cerita kungfu. Ok kembali lagi ke pokok masalah. Kita cari dulu bahan-bahannya untuk menginstal windows 98 atau me ini

1. Bahan yang dibutuhkan (satu cd windows 98/ME yang bootable disk)kalo gak punya bisa minta sama saya nanti saya kirimkan soalnya kalo upload lama banget gt loh. Satu cd si. Atau bisa dicari ditempat orang yg jual cd bajakan. Pasti ada

2. Komputer yang mau di instal windows 98/ME

Sekarang cara instalnya :

1. Kita masuk ke bios (caranya waktu komputer hidup tekan del berkali-kali sampai masuk ke bios, kalo untuk notebook biasanya f2 atau f12)

2. Setelah masuk bios kita cari first bootingnya rubah ke cd room biasanya kalo dim b asus ada di pilihan boot kalo yang bios biasa cari di pilihan ke 2 ada disitu first boot pilihannya. Kita ganti first bootnya jadi cd room dengan cara merubah value biasanya menggunakan tombol + – atau f5 dan f6. Setelah kita rubah ke first bootnya cd room kita masukin d cd windows 98 / ME nya tadi kemudian klik save and exit

3. Komputer akan booting ulang dan akan masuk ke dos mode kalo cd anda bootable setelah masuk ke dos yang biasanya tandanya kaya gini di layar komputer a:> itu artinya apromt

4. Anda pertama-tama harus melakukan partisi dengan cara memilih fdisk lalu buat partisinya ada pilihannya disitu kalo ga jelas nanti saya buat turitorial buat partisi hd menggunakan program Norton partition atau acronis disk director

5. Setelah ada partisinya anda bisa melihat ada drive c kemudian anda format drive c dengan cara mengetik tulisan ini di apromt a:>format c: kemudian tekan enter maka komputer akan mulai memformat hardisk anda

6. Setelah itu kita bisa lihat drive yang ada dikomputer kita dengan mengetikan a:>dir c: tekan enter (fungsi dir adalah untuk melihat directory drive kita isinya apa saja)

7. Cari dengan fungsi dir drive yang isinya CD windows 98 misalnya drivenya ada di e:>dir tekan enter maka akan muncul banyak file kemudian cari file setup.exe dengan cara mengetikan e:>dir setup.exe kalo sudah ketemu tinggal ketik aja setup lalu tekan enter jadi kaya gini ni contohnya e:>setup tekan enter

8. Proses instalasi akan berjalan dan kemudian tinggal mengikuti perintahnya saja wah saya harus googling ni nyari gambarnya biar jelas kalo lewat tulisan kurang jelas ya kayanya

CINDERELLA

Posted in All Artikel on 13/12/2010 by teguh waluyo

CINDERELLA

cinderella Pada zaman dahulu di desa wiyama ada Seorang putri yang teramat cantik dan baik. Dia bernama Cinderella, Cinderella hidup dengan Ibu tirinya yang jahat bernama Veronica. Dan veronica mempunyai dua orang anak gadis yang juga licik dan jahat. Mereka bernama Vina dan Vani, Cinderella selalu disuruh-suruh mereka bertiga.; Cinderella selalu diperlakukan seperti pembantu. Dia disuruh-suruh menyapu, mengepel, dan menyeterika baju mereka ia juga dikasih tempat tidur digudang. Dan bukan itu saja dia selalu mendapat cemohan-cemohan dari saudara tirinya tersebut. Namun Cinderella tetap bersikap baik, ramah dan periang. Pada suatu ketika ada petugas dari kerajaan yang datang kerumah Cinderella. Dan mengumumkan bahwa sang Pangeran mengadakan pesta dansa untuk mencari calon istri sang pangeran.j seluruh gadis-gadis didesa itu sangat senang dan begitupun Cinderella. Kedua saudara Cinderellapun sudah sibuk merias tubuhnya dengan pernak-pernik yang sangat bagus dan mahal. Cinderellapun ikut disuruh-suruh menyiapkan baju mereka. Waktu telah menunjukkan pukul 19.30 kedua saudara tiri dan ibu tiri Cinderella tersebut berangkat kepesta. Namun mereka berpesan kepada Cinderella ia tidak boleh keluar rumah sampai mereka pulang. Cinderellapun merasa sedih karena tidak bisa datang kepesta tersebut. Ketika Cinderella menangis munculah seorang peri yang baik hati. Ia merasa kasihan kepada Cinderella. Cinderella merasa kaget karena ada peri yang tak pernah ia lihat sebelumnya. Cinderellapun mengutarakan semua kesedihanya kepada peri tersebut. Dan peri tersebut merasa tersentuh hatinya. Peri itu lalu memerintahkan Cinderella untuk mencari 4 ekor tikus, 1 kadal dan 1 buah labu. Kemudian semua itu disihir menjadi sebuah Kereta yang teramat bagus beserta pengawalnya. Cinderellapun dirubah menjadi wanita yang cantik dan berbaju anggun. Namun ketika Cinderella akan pergi dia diberi amanat oleh peri tersebut. Bahwa semua sihirnya akan lenyap setelah pukul 12:00 malam. Dan Cinderellapun mengerti kemudian ia pergi. Sesampainya dipesta itu, semua mata tertuju ke Cinderella. Mereka sangat terkagum-kagum dan kecantikannya begitu pula sang Pangeran. Dan Sang Pangeranpun mengajak Cinderella untuk berdansa, karena keasyikan mereka berdua Cinderella baru sadar bahwa waktu telah menunjukkan pukul 00.00. Cinderellapun langsung pergi tanpa mengucap satu katapun kepada Pangeran. Pangeranpun mengejarnya. Dan karena sangking Cepatnya Cinderella berlari. Sepatu sebelah kirinya terlepas. Dan ia terus berlari tanpa memperdulikan sepatunya. Keesokan harinya petugas dari kerajaan mengadakan pengumuman. Siapapun pemilik sepatu kaca tersebut. Maka ia akan dijadikan Istri Pangeran. Seluruh gadis didesa itu banyak yang mencobanya. Tetapi tidak ada kaki dari mereka yang cocok. Dan setibanya petugas kerajaan tersebut sampai dirumahnya kedua saudaranya tersebut bergantian mencobanya namun tidak ada yang cocok. Namun dengan anggunya Cinderella mencobanya. Tanpa disangka mereka semua sangat terkejut. Karena kaki Cinderal pas pada sepatu tersebut. Kedua saudara tirinya tidak percaya, namun Cinderella tiba-tiba mengambil sebuah kotak berisi sepatu kaca sebelah kananya. Ternyata benar pangeranpun sangat terkejut dan membawa Cinderella keistana untuk dinikahi. Ibu tiri dan kedua anaknya itu meminta maaf kepada Cinderella. Namun karena kebaikannya ia dengan rela mema’afkan perbuatan mereka yang teramat kejam dan pada akhirnya Cinderella bisa hidup bahagia dengan pangeran tercintanya. “CINDERELLA” BABAK I (Dipagi y ang cerah Nyonya Veronica, Vina dan Vani membentak-bentak Cinderella untuk bekerja) Nyonya Veronica : Cinderella…! Cinderella! Dimana kamu? Cepat bersihkan seluruh lantai disini. Saya tidak mau ada sedikitpun debu yang menempel dirumahku. Cinderella : Iya Nyonya… Vina : Cinderella, Cinderella…! Cepat kamu bersihkan kamarku. Jijik banyak tikus! Ih…jijik! Vani : Cinderella, cepat kamu semirkan sepatuku. Aku mau pergi belanja! Cinderella : Iya… sebentar! Vina dan Vani : Cepat!!! (Setelah mengerjakan pekerjaan rumah Cinderella pergi kehalaman untnuk menyirami Tanaman) Cinderella : Wah… indahnya temanku! (sambil menyirami tanaman) Nyonya Veronica : Cinderella….! Cepat kamu kesini. Cinderella : Iya nyonya,… Nyonya Veronica : Ini cuci pakaianku. Akan aku pakai nanti siang. Cinderella : Iya nyonya,… BABAK II (Pada waktu Cinderella, mencuci baju petugas dari Istana datang). Cinderellapun membukakan pintu Perdana Menteri : Bolehkah saya masuk? Cinderella : Iya, silahkan. (Tiba-tiba Nyonya Veronica datang) Nyonya Veronica : Aduh..aduh…! Ada apa Pak? Perdana Menteri : Saya ditugaskan oleh Raja Istana untuk memberitahukan kepada para Gadis-gadis untuk menghadiri pesta Dansa diistana dalam rangka pemilihan permaisuri kerajaan nanti malam Pk. 19.00 Vina dan Vani : Wah… Asyik dong! Nyonya Veronica : Dengan senang hati pasti kami akan datang. (Setelah itu Perdana Menteripun pulang) Vina : Pasti aku ya akan dipilih pangeran Vani : Gak, Pasti aku!! (sambil berebut) Nyonya Veronica : Diam…! Daripada kalian bertengkar. Cepat kalian dandan dan bersiap-siap untuk nanti malam. Dan kamu Cinderella bantu mereka untuk bersiap-siap! Vina : Cinderella tolong strika bajuku Vani : Cinderella…! Ecpat kamu semir sepatuku. Aku ingin pangeran terpesona melihatku. Cinderella : Iya Vina, Iya Vani. BABAK III (Waktu telah menunjukkan pukul 18:00 merekapun berangkat) Nyonya Veronica : Cinderella jaga baik-baik rumah ini. Jangan sampai keluar rumah sebelum kami semua pulang. Vina : Lagian pasti kamu gak akan dipilih oleh pangeran. Dengan pakaian compang-camping seperti itu. Vani : Dada Cinderella…! Semoga kamu betah dirumah! (Sambil tersenyum lebar) (Cinderellapun sedih. Dia langsung pergi kekamar dan merenung). Tiba-tiba muncullah peri disampingnya. Peri : Kenapa gadisku yang manis? Apakah yang membuat kamu sedih? Cinderella : Siapa kamu? (kaget) Peri : Aku adalah peri yang akan membantu kesulitanmu Cinderella : Aku ingin menghadiri pesta dikerajaan. Namun aku tidak punya gaun yang bagus untuk semua itu. Peri : Baiklah, cari 4 ekor tikus, 2 kadal dan 1 buah labu. Cinderella : Baiklah…! (Peripun menyulap 4 ekor tikus menjadi kuda, dan 2 kadal menjadi pengawal, 1 labu menjadi kereta yang indah. Dan peripun menyulap Cinderella menjadi gadis yang cantik) Cinderella : Terima kasih peri. Engkau sangat baik hati! Peri : Itu semua pantas untukmu gadisku. Pergilah! Pulanglah sebelum jam 12.00 malam Cinderella : Ok,. Ibu peri. Aku berangkat dulu. BABAK IV (Sesampainya dikerajaan) Orang-orang : Wah… siapa gadis cantik itu? (Orang-orang berisik, sambil terkagum-kagum melihat kecantikan Cinderella) Pangeran : Wahai gadis yang cantik. Maukah kau berdansa denganku? Cinderella : Iya pangerat! (Waktu telah menunjukkan pk. 00.00 Cinderellapun berlari dan pangeranpun mengejarnya. Namun sepatu sebelah Cinderellapun terlepas. Namun iya tetap berlari). Pangeran : Akanku cari kau dengan sebelah sepatuku ini! Perdana Menteri : Wahai gadis-gadis siapa yang cocok dengan sepatu ini maka akan menjadi calon permaisuri Pangeran. Vina : Aku akan mencobanya. Pasti aku akan cocok! Perdana Menteri : Iya, silahkan! Vina : Wah, kok bisa tidak cocok. Vani : Ah kamu memang dasar kaki kecil, kalau aku pasti cocok. Vina : Ha…ha…ha…! Dasar goblok! Kakimu kan besar. Vani : Trus kalau bukan kita. Siapa dong yang cocok. (Semua orangpun penasaran, tiba-tiba Cinderellapun datang) Cinderella : Bolehkah saya mencobanya? Perdana Menteri : Silahkan Nona! Vani dan Vina : Gak mungkin! Gak mungkin dia cocok. Pasti ini Cuma kebetulan saja (terkejut) Cinderella : Tidak Vina dan Vani. Ini bukan kebetulan, memang akulah yang pangeran cari. Aku mempunyai sepatu sebelahnya (sambil memperlihatkan). Pangeran : Aku memang yakin, kamulah permaisuriku. Wahai permaisuriku yang cantik! Maukah kamu menjalin hidup denganku?! Cinderella : Iya, pangeran! Aku mau menjadi permaisurimu. Vina, Vani, Nyonya Veronica : Ma’afkan kami Cinderella. Kami telah memperlakukan yang senonoh pada kamu. Ma’afkan kami. Kami sanggup kamu hukum dengan apapun. Cinderella : Aku sayang kalian, aku tidak akan menghukum kalian. Kalian adalah keluargaku. Nyonya Veronica : Terimakasih banyak Cinderella. Engkau memang sangat baik hati. Ma’afkan kami Cinderella. Vina dan Vani : Iya, Cinderella Ma’afkan kami. Kami sangat menyesal! Cinterela : Tidak papa. Kalian semua adalah keluarga terbaikku. Vina, Vani : Terima kasih Cinderella. Semoga kamu bisa bahagia. “SEKIAN” ***** Tokoh Cinderella disini berprofesi sebagai seorang gadis yang ditinggal mati oleh kedua orang tuanya. Saat ini ia tinggal bersama Ibu tiri dan kedua saudara tirinya yang jahat. Ia adalah seorang gadis yang baik h ati, pemaaf dan penyabar. Dia berumur sekitar 19 tahun, berkulit putih, rambut panjang dan lurus, tinggi badan sekitar 156 cm, berat badan ± 45 Kg Tokoh pangeran disini berprofesi sebagai pemuda yang menikahi Cinderella. Pangeran hidup dengan kedua orang tuanya, di sebuah kerajaan yang sangat megah. Ia adalah soerang pemuda yang baik hati, gagah perkasa, tinggi 175 Centi meter. Berumur sekitar 21 dan dikagumi banyak gadis-gadis. Tokoh nyonya Veronica disini berprofesi sebagai Ibu Tiri Cinderella yang jahat, dan kejam. Ia serumah dengan Cinderella. Tinggi badan sekitar 160 Cm. berat badan 69 Kg. Rambut panjang dan ngombak, berkulit putih. Tokoh Vina disini berprofesi sebagai anak Nyonya Veronica kakak tiri Cinderella. Dan saudara kembar dari Vani, Vina ini berwatak jahat, kejam centil dan suka memerintah. Vina berambut lurus, tinggi badan 156 Cm berat badan 40 Kg dengan berkulit putih. Tokoh Vani disini berprofesi sebagai anak Nyonya Veronica kakak tiri Cinderella. Dan saudara kembar dari Vina, Vani ini berwatak jahat, kejam Centil, sombong dan pemarah. Vina berambut lurus, tinggi badan 156 Cm berat badan 56 Kg dan berkulit putih.

Kancil dan Buaya

Posted in All Artikel on 13/12/2010 by teguh waluyo

Si Kancil dan Buaya

Suatu hari Si Kancil, binatang yang katanya cerdik itu, sedang berjalan-jalan di pinggir hutan. Dia hanya ingin mencari udara segar, melihat matahari yang cerah bersinar. Di dalam hutan terlalu gelap, karena pohon-pohon sangat lebat dan tajuknya menutupi lantai hutan. Dia ingin berjemur di bawah terik matahari. Di situ ada sungai besar yang airnya dalam sekali. Setelah sekian lama berjemur, Si Kancil merasa bahwa ada yang berbunyi di perutnya,..krucuk…krucuk…krucuk. Wah, rupanya perutnya sudah lapar. Dia membayangkan betapa enaknya kalau ada makanan kesukaannya, ketimun. Namun kebun ketimun ada di seberang sungai, bagaimana cara menyeberanginya ya? Dia berfikir sejenak. Tiba-tiba dia meloncat kegirangan, dan berteriak: “Buaya….buaya…. ayo keluar….. Aku punya makanan untukmu…!!” Begitu Kancil berteriak kepada buaya-buaya yang banyak tinggal di sugai yang dalam itu.

Sekali lagi Kancil berteriak, “Buaya…buaya… ayo keluar… mau daging segar nggak?”

Tak lama kemudian, seekor buaya muncul dari dalam air, “Huaahhh… siapa yang teriak-teriak siang-siang begini.. mengganggu tidurku saja.” “Hei Kancil, diam kau.. kalau tidak aku makan nanti kamu.” Kata buaya kedua yang juga muncul.

“Wah…. bagus kalian mau keluar, mana yang lain?” kata Kancil kemudian. “Kalau cuma dua ekor masih sisa banyak nanti makanan ini. Ayo keluar semuaaa…!” Kancil berteriak lagi.
“Ada apa Kancil sebenarnya, ayo cepat katakan,” kata buaya.
“Begini, maaf kalau aku mengganggu tidurmu, tapi aku akan bagi-bagi daging segar buat buaya-buaya di sungai ini,” makanya harus keluar semua.

Mendengar bahwa mereka akan dibagikan daging segar, buaya-buaya itu segera memanggil teman-temannya untuk keluar semua. “Hei, teman-teman semua, mau makan gratis nggak? Ayo kita keluaaaar….!” buaya pemimpin berteriak memberikan komando. Tak berapa lama, bermunculanlah buaya-buaya dari dalam air.

“Nah, sekarang aku harus menghitung dulu ada berapa buaya yang datang, ayo kalian para buaya pada baris berjajar hingga ke tepi sungai di sebelah sana,” “Nanti aku akan menghitung satu persatu.”

Tanpa berpikir panjang, buaya-buaya itu segera mengambil posisi, berbaris berjajar dari tepi sungai satu ke tepi sungai lainnya, sehingga membentuk seperti jembatan.
“Oke, sekarang aku akan mulai menghitung,” kata Kancil yang segera melompat ke punggung buaya pertama, sambil berteriak, “Satu….. dua….. tiga…..” begitu seterusnya sambil terus meloncat dari punggung buaya satu ke buaya lainnya. Hingga akhirnya dia sampai di seberang sungai. Hatinya tertawa, “Mudah sekali ternyata.”

Begitu sampai di seberang sungai, Kancil berkata pada buaya, “Hai buaya bodoh, sebetulnya tidak ada daging segar yang akan aku bagikan. Tidakkah kau lihat bahwa aku tidak membawa sepotong daging pun?” “Sebenarnya aku hanya ingin menyeberang sungai ini, dan aku butuh jembatan untuk lewat. Kalau begitu saya ucapkan terima kasih pada kalian, dan mohon maaf kalau aku mengerjai kalian,” kata Kancil.

“Ha!….huaahh… sialan… Kancil nakal, ternyata kita cuma dibohongi. Aws kamu ya.. kalau ketemu lagi saya makan kamu,” kata buaya-buaya itu geram.
Si Kancil segera berlari menghilang di balik pohon, menuju kebun Pak Tani untuk mencari ketimun.

(SELESAI)

Jaka Tarub Dadi Duda

Posted in All Artikel on 12/12/2010 by teguh waluyo

Baca lebih lanjut

Tutorial Perakitan Komputer

Posted in All Artikel with tags on 12/12/2010 by teguh waluyo

Langkah Demi Langkah Merakit Komputer …

Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara merakit komputer, terutama bagi mereka yang baru belajar .. dari beberapa referensi yang saya pelajari .. maka berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara merakit komputer, mudah-mudahan bermanfaat .. Red. deden

Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:

A. Persiapan
B. Perakitan
C. Pengujian
D. Penanganan Masalah

Persiapan

 

Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:
Penentuan Konfigurasi Komputer
Persiapan Kompunen dan perlengkapan
Pengamanan

Penentuan Konfigurasi Komputer

Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

Persiapan Komponen dan Perlengkapan

Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:
Komponen komputer
Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
Buku manual dan referensi dari komponen
Alat bantu berupa obeng pipih dan philips

Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi.

 

 

Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.

Pengamanan

Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:

Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.

Baca lebih lanjut

Jaringan Komputer

Posted in All Artikel on 12/12/2010 by teguh waluyo

JARINGAN

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

SEJARAH JARINGAN KOMPUTER

Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.

Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal (lihat Gambar 1) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

JENIS JARINGAN KOMPUTER

Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu;
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.